Mabruk Alfa Mabruk, Jurnal Eksisbank (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan) STIE Syariah Indonesia Purwakarta Terakreditasi SINTA 4

Purwakarta| 7/6/2022 – Jurnal Eksisbank (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan) di STIE Syariah Indonesia Purwakarta mendapat  akreditasi Science and Technology Index (SINTA) 4, Selasa (7/6/2022).

Ketua STIE Syariah Indonesia Purwakarta, Ahmad Damiri, S.Sy., M.Ag yang biasa disapa pak adam mengatakan, Eksisbank  adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh STIE Syariah Indonesia Purwakarta sebagai wadah komunikasi keilmuan bagi akademisi dan peneliti bidang Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan. Eksisbank terbit secara berkala, dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal  Eksisbank alhamdulilla sudah mempunyai E-ISSN: 2654-8526 dan P-ISSN : 2599-2708.

Lanjutnya, berdasarkan pemberitahuan hasil akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2022 dan telah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 0385/E5.3/KI.02.00/2022, tanggal 06 Juni 2022, maka dengan ketentuan yang terlampir di dalamnya Jurnal EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan) berada pada peringkat 4 atau terakreditasi SINTA 4.

“Alhamdulillah, EKSISBANK telah terakreditasi SINTA 4. terimakasih kepada pengelola yakni dewan editorial, dewan reviewer, dan juga para penulis telah membantu mensukseskan akreditasi nasional ini dan telah banyak melakukan terobosan baru dalam banyak hal, mengakses informasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak,” kata pak Adam.

Editor In Chief, Jalaludin, S.E., M.E  menjelaskan, menuju SINTA 4 ini melalui berbagai tahapan dan perjuangan yang tidak mudah, untuk tahapan teknis penerbitan dimulai dari penggunaan full OJS (Open Journal System). Author melakukan submission naskah secara langsung ke OJS, proses review dilakukan full OJS, hingga dinyatakan diterima oleh Chief Editor terhadap naskah tersebut.

“Sedangkan tahapan teknis pengajuannya full via online namun dengan syarat yang sangat ketat yang harus dipenuhi termasuk salah satunya kunjungan per hari harus di atas 50 pengunjung. Kita berharap kedepannya Jurnal EKSISBANK bisa terus meningkat dari peringkat 4 ke peringkat yang lebih baik yaitu ke peringkat 3 atau bahkan peringkat 2. Untuk mencapai Sinta 2 perlu bekerja ekstra sedikit lagi dalam mencari naskah-naskah artikel terbaik untuk dipublikasikan pada Jurnal EKSISBANK, dan selalu melakukan proses Review by OJS. Upayakan semua reviewer bekerja melakukan proses review dengan maksimal agar memenuhi standar butir-butir evaluasi akreditasi,” ungkap Jalaludin.

Atas capaian tersebut, pihak editor in chief mengucapkan terima kasih kepada Ketua STIE Syariah Indonesia Purwakarta yang selalu mensupport dalam proses Publikasi melalui OJS dan sangat mendukung program akreditasi jurnal nasional tersebut, berbagai program peningkatan kualitas manajemen dan substansi artikel jurnal telah dilaksanakan secara berkala bagi para pengelola dan penulis jurnal di lingkungan STIE Syariah Indonesia Purwakarta pada tahun 2022. Serta terus berupaya meningkatkan kapasitas para penulis dan pengelola jurnal ilmiah melalui berbagai pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh internal STIESIP maupun oleh pihak eksternal seperti Lembaga Asosiasi Jurnal, Perguruan Tinggi, dan Kementerian terkait pengelolaan jurnal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.