July 19, 2024
Berita TerbaruHot Topic

STIESIP Berhasil Selenggarakan Praktikum Pasar Modal Syariah

Purwakarta | Praktikum Pasar Modal Syariah merupakan rangkaian kegiatan akademik yang wajib di ikuti oleh semua mahasiswa STIESI Purwakarta bahkan menjadi salah satu syarat mengikuti sidang munaqosyah. Praktikum Pasar Modal Syariah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman praktis kepada mahasiswa terkait investasi dalam pasar modal yang sesuai dengan prinsip syariah. Praktikum ini melibatkan simulasi investasi dalam instrumen keuangan syariah seperti saham syariah dan sukuk, serta memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip yang mengatur pasar modal syariah. Selain itu, praktikum ini juga dapat memberikan wawasan tentang peran lembaga keuangan syariah dalam pasar modal serta strategi investasi yang sesuai dengan prinsip syariah. Dengan demikian, praktikum pasar modal syariah bertujuan untuk mempersiapkan peserta praktikum agar dapat terlibat dalam investasi pasar modal yang sesuai dengan prinsip syariah dengan pemahaman yang baik dan pengalaman praktis yang memadai.


Praktikum Pasar Modal Syariah ini dihadiri oleh semua mahasiswa angkatan 2022, Ketua STIESIP, Ibu Waka I Bidang Akademik, Ibu Waka II Bidang Keuangan dan Umum, Bapak Waka III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama sekaligus sebagai pembina galery investasi STIESIP, Ketua LPPM, pengurus Galery Investasi STIESIP, dan beberapa perwakilan dosen STIESIP. Adapun yang menjadi narasumber dalam seminar ini adalah Toto Andrianto, SE, MM dari BRI Danareksa Sekuritas dan Firman Hananto dari Bursa Efek Indonesia.


Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 09 Juni 2024, di Aula Kampus STIESI Purwakarta. Seminar ini bagian dari bukti keberlanjutan kerjasama STIESI Purwakarta dengan BRI Danareksa Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Serta alhamdulillah kegiatan ini merupakan kegiatan rutin wajib yang diselenggarakan setiap tahun sebagai sarana untuk memberikan pengalaman praktis dan pemahaman mendalam tentang operasional dan prinsip-prinsip pasar modal syariah kepada mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan studi dan simulasi investasi dalam instrumen keuangan syariah seperti saham syariah, obligasi syariah (sukuk), dan reksa dana syariah.


Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman bagaimana melakukan transaksi di pasar modal syariah, memahami instrumen-instrumen yang tersedia, dan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam pengambilan keputusan investasi. Selain itu, semoga praktikum ini dapat mempersiapkan mahasiswa agar dapat terlibat dalam investasi pasar modal yang sesuai dengan prinsip syariah dengan pemahaman yang baik dan pengalaman praktis yang memadai. Selain itu, praktikum ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan mendorong inklusi keuangan syariah.