Strategi Berwirausaha di Masa Pandemi

Minggu (31/1/21). Hima Eksyar mengadakan kegiatan Webinar dengan tema “Strategi Berwirausaha di Masa Pandemi” bertempat kampus 2 STIE Syari’ah Indonesia Purwakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh unsur undangan meliputi pengurus Hima Eksyar, pengurus ormawa dan semua mahasiswa/i. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kang Yudistira Adi Maulana, beliau adalah praktisi properti syariah dan bekam ruqiyah. Strategi berwirausaha dimasa pandemi melalui berbagai tahapan, seperti;

  1. Menjalin Silaturahmi
    Menjalin silaturahmi dengan pembeli merupakan strategi yang baik dalam meningatkan bisnis yang kita jalankan, karena dengan bertemu dengan orang-orang kita bisa saling komunikasi secara langsung agar obrolan tentang bisnis kita bisa difahami oleh lawan bicara. Berkomunikasi atau mengobrol dengan orang lain sama saja kita menjalin silaturahmi, kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak daripada tidak melakukan komunikasi, maka hal ini menjadi pemicu kita untuk meningkatkan bisnis. Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadist bahwa ketika ingin dimudahkan rizki dan dipanjangkan umur maka hendaklah menyambung silaturahmi. Dengan bersilaturahmi seseorang yang kita kunjungi akan merasa seperti dianggap saudara sehingga kita tidak sungkan untuk menawarkan atau meminta bantuan untuk mempromosikan bisnis yang kita jalankan.
  1. Modal Tanpa Meminjam
    Memulai usaha atau bisnis tentu memerlukan sebuah modal, tanpa modal usaha tidak akan jalan seperti dalam unsur manajemen salah satunya adalah uang, maka ketika menjalankan bisnis tanpa adanya unsur ini tidak akan optimal, sebisa mungkin kita menjalankan bisnis dengan modal seadanya yang kita miliki kemudian ketika kita ingin meningkatkan bisnis, keuntungan yang didapat jangan digunakan untuk kebutuhan kita tapi gunakan terlebih dahulu untuk modal pada usaha kita. Walaupun hal tersebut dirasa akan memerlukan waktu lama untuk meningkatkan bisnis kita tapi hal ini bisa melatih kita untuk menjadi seseorang yang sabar dan memberikan pelajaran bahwa setiap bisnis yang sukses tidak dilalui dengan waktu yang singkat dan cara yang mudah.
  1. Mulai dari Hal Kecil
    Kesuksesan dalam berbisnis tidak semata-mata didapat dengan mudah dan cepat, para pebisnis sukses mereka memulai bisnisnya dari hal-hal yang kecil, dari hal kecil itu mere terus belajar, berinovasi dan bekerja keras sehingga bisnis mere menjadi besar. Terkadang yang kita lihat dari para pebisnis sukses mereka tidak melalui hal-hal kecil dan tidak merasakan kepahitan dalam menjalankan bisnis, justru yang kita lihat dari kesuksesan mereka hanyalah satu persen dari sembilan puluh sembilan persennya adalah kerja keras, rasa lelah, bahkan hinaan yang mereka dapatkan. Untuk memulai bisnis cobalah untuk membaca peluang bisnis dilingkungan kita, sebagai pelajar coba amati peluang bisnis dilingkungan sekolah, sebagai mahasiswa coba amati peluang bisnis di lingkungan kampus, dengan demikian kita belajar untuk mencari kebutuhan yang terdapat dilingkungan dan bisa menjadi jalan bisnis untuk kita.

    Penulis : Aji Suryadi**

Leave a Reply

Your email address will not be published.