July 19, 2024
Berita TerbaruHot Topic

STIESIP Kembali Menyelenggaraan Seminar Usulan Penelitian Gelombang 2

Purwakarta, pada hari Minggu, 28 April 2024, STIESIP kembali menggelar Seminar Proposal yang diikuti oleh 51 mahasiswa yang sedang menggarap penelitian. Acara ini telah menjadi agenda rutin yang dinanti-nanti oleh seluruh mahasiswa di semester akhir. Tidak hanya itu, Seminar Proposal ini juga menjadi salah satu puncak dari perjalanan studi mahasiswa, yang telah diisi dengan banyak proses pembelajaran dan penelitian.
Sejak awal perkuliahan semester 7, para mahasiswa STIESIP telah merancang dan menyusun proposal penelitian mereka dengan tekun. Dalam Seminar Proposal ini, mahasiswa memiliki kesempatan emas untuk berdiri di depan para dosen pengujian, rekan-rekan seangkatannya, dan menghadirkan visi serta gagasan penelitian yang akan dilakukan. Ini bukan hanya sekadar bentuk formalitas akademis, melainkan momen krusial yang mempertunjukkan dedikasi dan kerja keras mahasiswa dalam mengejar ilmu ekonomi yang menjadi pilihan karier mahasiswa. Dalam paparan proposal penelitian, mahasiswa mengungkapkan bukan hanya pengetahuan yang mereka miliki, tetapi juga semangat yang mendorong mereka untuk menyelami dunia ekonomi lebih dalam. Dalam momen ini, terlihat jelas bagaimana mereka bertransformasi dari sekadar pelajar menjadi peneliti yang gigih, siap memberikan kontribusi berarti bagi bidang ekonomi dan masyarakat pada umumnya.


Salah satu yang menarik dari Seminar Proposal ini adalah keragaman topik penelitian yang dipilih oleh para mahasiswa. Setiap mahasiswa memiliki bidang keilmuan dan minat yang berbeda, sehingga tema penelitian yang diusulkan juga sangat bervariasi. Selama sesi presentasi, para mahasiswa dengan antusias memaparkan latar belakang, metodologi penelitian, serta harapan mereka terkait hasil penelitian yang akan mereka capai. Para dosen penguji memberikan umpan balik yang konstruktif, membantu mahasiswa dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang lebih tajam, serta menyempurnakan metodologi yang mereka gunakan.

Acara ini juga menjadi kesempatan yang berharga bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan keterampilan presentasi mereka. Mereka diajarkan untuk merancang presentasi yang jelas dan efektif, serta berbicara dengan percaya diri di depan audiens.

Dengan suksesnya Seminar Proposal STIESIP gelombang 2 pada 28 April 2024, para mahasiswa telah melangkah lebih dekat menuju penyelesaian studi mereka dan menjadi calon ekonom yang siap berkontribusi dalam pengembangan ilmu ekonomi dan pemecahan masalah ekonomi di masyarakat. Melalui pengalaman ini, mereka juga memahami bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melalui interaksi langsung dengan dosen dan kolega mereka.