July 27, 2024
Berita TerbaruHot Topic

Mentoring Mahasiswa: Membangun Kedekatan Emosional Mahasiswa Baru Dengan Civitas Akademik Kampus

Purwakarta- STIES Indonesia Purwakarta membuka secara resmi kegiatan Mentoring mahasiswa yang diselenggarakan pada rangkaian acara Pengenalan BUdaya Akademik Kampus (PBAK) tahun 2022, Sabtu (19/11/2022).

Pelaksanaan kegiatan mentoring ini dibuka langsung oleh H. Ahmad Damiri, S.Sy., M.Ag selaku Ketua STIES Indonesia Purwakarta ditengah 150 mahasiswa yang hadir, Dosen STIES Indonesia Purwakarta dari Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah serta segenap Civitas akademika yang hadir.

Pada kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 turut hadir pula Wakil Ketua II, Faridha Nur Azizah YR, S.Pd., Wakil Ketua III MOch, Cahyo Sucipto, M.Pd, Ketua Prodi Ekonomi Syariah Dr. Ahmad Saepudin, M.Ud, Ketua Prodi Perbankan Syariah Ayi Nurbaeti, M.E.

Dalam sambutannya Ahmad Damiri menyampaikan, “kegiatan mentoring merupakan wadah dalam membangun hubungan emosional mahasiswa baru dengan Civitas Akademik dalam hal ini Dosen Pembimbing, tentunya disamping budaya akademik kampus yang diperkenalkan kepada mahasiswa baru, kedekatan secara emosional juga menjadi nilai yang penting untuk dibangun sebagai penyeimbang dari semangat menjalankan studi empat tahun kedepan” pungkasnya.

Menurut Ahmad Ali selaku Koordinator acara “Kegiatan mentoring ini merupakan agenda tahunan dalam rangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik Kampus. Setiap mahasiswa menerima satu dosen pembimbing yang undang untuk menjadi mentor. Lebih kurang enam puluh menit waktu yang disediakan untuk sesi mentoring. Selain upaya dalam membangun kedekatan emosional mahasiswa, juga mengenal lebih dekat dengan potensi dan bakat mahasiswa sehingga kedepan dapat di follow up serta memperoleh bimbingan untuk mengekspresikan bakat dan potensi tersebut selama masa studi ”. imbuhnya

Kegiatan Mentoring mahasiswa tahun ini diselenggarakan di Sekolah Alam Purwakarta serta menghadirkan 10 Dosen civitas akademik diantaranya Eka Ahadiyat, M.E., Jalaluddin, M.E, Abdul Muhyi, M.Pd, serta dosen lainnya dari Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

Dr. Ahmad Saepudin, M.Ud sekaligus Ketua Prodi Ekonomi Syariah mengharapkan, “Dari kegiatan mentoring ini diharapkan terbangun rasa memiliki terhadap almamater sedari awal, tercipta pembelajaran akademik kondusif dan mendorong tercapainya lulusan mahasiswa sesuai visi misi Perguruan Tinggi. Ungkap Ahmad.