July 27, 2024
Berita Terbaru

STIE SYARIAH INDONESIA TEKEN MOU

STIES yariah Indonesia Purwakarta (STIES) memperluas jaringan kerjasamainternasional. Jika selama ini sudah bekerjasama dengan 70 perguruan tinggiasing di antaranya Malaysia, China, Kanada, Australia, Korea, Jepang, Kamboja,Thailand dan India, saat ini ditambah dengan sejumlah perguruan tinggi di Philipina.Tujuh perguruan tinggi di Philipina yang menjalin kerjasama di berbagai bidangdengan beberapa perguruan tinggi Indonesia termasuk STIE Syariah Indonesia,meliputi Polytechnic University of the Philippines (PUP), Rizal TechnologyUniversity, Marikina Polytechnic College, Technological University of thePhilippines, Eulogio Amang Rodriguez Institute of Science and Technology,University of Perpetual Help Data, Far Easter University, dan Holy AngelUniversity.

Pertemuan itu difasilitasi oleh International Academic Consortium (IAC) yangbekerjasama dengan Asia Pacific Consortium of  Researchers and Educators (APCORE) dalamacara “Visiting University, ASEAN Connect, Mou Signing and IndonesianEmbassy in the Philippines” pada 5-12 Agustus 2018 di Novotel, HotelPhilipina. Kegiatan tersebut diikuti oleh 23 perguruan tinggi Indonesia dantujuh perguruan tinggi Philipina. Selain kerjasama dan seminar juga melakukankunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia di Philipina.

Ketua STIE Syariah Indonesia Ahmad Damiri menjelaskan, kerjasama yang dilakukanmeliputi kesepakatan dalam program pertukaran dosen tamu, kerja sama melakukanseminar, workshop maupun kegiatan ilmiah lainnya, baik skala nasional maupuninternasional Juga melakukan publikasi dan penelitian bersama serta pertukaranmahasiswa dan dosen juga pemberian beasiswa kuliah,” kata Ahmad Damiri. Selainkampus STIES Indonesia Purwakarta, sambungnya, kegiatan itu juga diikuti olehperguruan tinggi Indonesia yaitu Politeknik Piksi Ganesha Bandung, PoliteknikPratama Purwokerto, Universitas Budi Luhur, Universitas Islam Jakarta,Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Universitas Islam 45 Bekasi, UniversitasAl-Ihya Kuningan, Universitas Banten Jaya Banten, Stikes Yayasan RS Dr SoetomoSurabaya. Kemudian, lanjut dia, STMIK Pamitran Karawang, Sekolah TinggiTeknologl lndustri dan Farmasi Bogor, Sekolah Tinggi Pertanian Jawa Barat, Bandung.Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi, AMIKOM Sultan Agung Bekasi, AMIKOMVeteran Purwokerto, AMIKOM Citra Buana Indonesia, Akademi Telekomunikasi Bogor,Akademi Teknologi Bogor, AMA Dharmala Yogyakarta, Akademi Kebidanan lsma HusadaCirebon, Yayasan Bina Mandiri Gorontalo, dan Politeknik Dharma Patria Kebumen.AhmadDamiri meyampaikan terima kasih kepada Presiden IAC Indonesia Dr.H.K PrihartonoAH., MM. Atas ide-idenya kerjasama dengan perguman tinggi di Filipina. Dengantelah ditandatangani MoU ini, maka kampus politeknik daerah (Polda) terusmemacu prestasi dan kualitasnya untuk pendidikan tinggi,” ujarnya. Dengandemikian diharapkan lulusan STIES lndonesia Purwakarta terus memberikan yangterbaik buat anak bangsa. Mindset sekarang sudah berubah. sekali punkuliah di STIES namun kualitasnya juga membanggakan. Terlebih dengan kesempatanbeasiswa kuliah dan kesempatan lapangan kerja bagi para lulusannya,” ujarnya.