Tutup Rangkaian Acara PBAK 2022, Mahasiswa Baru Ikuti Kegiatan Outbond

Purwakarta – Kegiatan outbound ini merupakan kegiatan yang tidak pernah terlewatkan dalam kegiatan Pengenalan budaya akademik kampus STIES Indonesia Purwakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, (20/11) bertempat di Sekolah Alam Purwakarta, dan merupakan rangkaian kegiatan terakhir yang Dalam rangkaian acara kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus tahun 2022.

Menurut Mita Linuwi Selaku Koordinator Acara “pelaksanaan kegiatan outbond ini diharapkan dapat memperkuat mental dan kerjasama diantara calon mahasiswa baru, membangun rasa tanggung jawab serta menjalin ikatan emosional antara mahasiswa. Dimana sebelumnya satu sama lainnya belum mengenal dan dipertemukan secara langsung pada pengenalan Budaya Akademik Kampus tahun ini” ucap mita.

Kegiatan Outbond dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh sebanyak 132 calon mahasiswa baru yang terbagi menjadi 10 kelompok. Kegiatan ini diawali dengan challenge yang dipandu oleh Mitha Linuwi dan M Taufik Parid. Pada Challenge ini kelompok yang berhasil menyelesaikan Challenge lebih dulu memiliki kesempatan untuk memulai Outbond lebih awal.

Dalam kegiatan outbound ini, setiap kelompok diminta untuk melakukan perjalan dengan mengikuti petunjuk arah yang telah dibuat oleh panitia. dalam perjalanannya peserta akan sampai pada post Test yang terdiri dari 5 postes dan 1 pos tes bantuan. Pada setiap post tes di dipandu oleh perwakilan dari masing-masing organisasi kemahasiswaan STIES diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa, UKM Seni dan Sastra, UKM Sepakbola & Futsal, UKM Mapalasatya, Himpunan Prodi Ekonomi Syariah dan Himpunan Prodi Perbankan Syariah.

Menurut Ramlan Maulana selaku Ketua Pelaksana “Setiap post tes memiliki tema dan challenge tersendiri dimana pos tes tersebut merupakan ulasan atas materi-materi yang telah disampaikan pada kegiatan PBAK meliputi budaya akademik kampus, Pendidikan organisasi, dasar-dasar keagamaan dan muamalah yang telah dilaksanakan sejak 19 November kemarin dan pada setiap post di akhiri dengan outbond yang berbeda.

Keseruan memuncak pada game penutup, setiap kelompok dituntut untuk bisa bekerjasama, saling membantu dan berkorban untuk bisa menyelesaikan challenge penutup ini. Tantangan terberatnya adalah game penutup dilaksanakan di kolam sehingga setiap peserta harus merelakan dirinya menjadi kotor dan berbaur dengan air dan lumpur.

Menurut Wulandari salah satu mahasiswa yang mengikuti Outbond PBAK 2022 dari kelompok 7 mengatakan “selama dua hari kami hadir dan mengikuti PBAK STIES tahun 2022, Hari ini adalah sesuatu yang berbeda dari hari pertama. Seluruh rangkaian acara dan post tes sepertinya telah disiapkan untuk membangun kedekatan, keakraban dan kerjasama kami sebagai mahasiswa baru. Ungkapnya.

Wulan menambahkan “challenge yang lebih berat dan menyenangkan adalah pos 5 dimana semuanya turun ke kolam untuk dapat menyelesaikan tantangannya dan kami menyadari bahwa untuk membantu sesame itu bukan hanya dorongan motivasi semata tetapi dibutuhkan gerakan dimana kita berani dan sadar untuk turun langsung melaksanakan. Ucap wulan

Moch Cahyo Sucipto Selaku Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan Mengapresiasi kinerja Panitia PBAK tahun ini “kegiatan outbond merupakan salah satu rangkaian acara dalam Pengenalan Budaya Akademik Kampus di hari kedua, setiap post tes dan panitia kegiatan merupakan mahasiswa tingkat yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan. Lebih kurang 3 pekan panitia telah bekerja untuk pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari technical meeting hari pertama dan kedua Alhamdulillah semuanya terkendali dan terlaksana dengan baik, terima kasih” pungkasnya.