STIES DARUL ULUM PURWAKARTA GELAR KKN

Program tahunan kudemik Sekolah Tinggi llmu Ekunomi (STIE) Syariah Darul Ulum Purwakartamelalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kembali dilaksanakan, belum lama ini. Hal ini merupakan implementasi TridharmaPerguman Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepadamasyarakat. Di mana KKN tersebut sesuai dengan Undang Undang No. 12 Tahun 2012tentang Perguruan Tinggi Pasal 9.

Ketua STIES Darul Ulum Purwakarta Ahmad Damiri mengatakan, KKN ini dilaksanakanselama satu bulan mulai 2-28 Februari 2018 di empat desa di Kecamatan Bungursari.Keempat desa tersebut adalah Cinangka, Cibodas, Wanakerta, dan Karang Mukti. “Kegiatanini diikuti 60 mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2014(Angkatan ke-V) yang berasal dari background yang berbeda. Mereka bersatudengan masyarakat, mengabdikan diri dan juga berbagi ilmu yang dimiliki selamaperkuliahan,” ujarnya.

Disebutkannya, sudah tiga tahun lebih mahasiswa dididik semaksimal mungkin guna terwujudnyavisi program studi dan kampus melalui pelaksanaan misi. “Salah satunya yakni mewujudkanmahasiswa yang unggul dan kompeten serta mampu bersaing di era persainganglobal,” kata Ahmad Damiri. KKN ini, sambung dia, merupakan bagian dari praktikumyang sesungguhnya. “Di mana mahasiswa diharuskan membuat sebuah tujuan yang baikserta bermanfaat untuk mengembangkan potensi masyarakat, khususnya di KecamatanBungursari. Yaitu melalui pelaksan’aan fungsi manajemen, di antaranya planning,organizing, actuating, dan controlling,” ujarnya.

Hal ini penting dilaksanakan, sambungnya, karena mahasiswa pada jenjang Strata l dibentuk untuk dapat menjadi seorang leader. “Mahasiswa S1 STIE Syariah Darul Ulum Purwakarta harus mampu memiliki ilmu manajemen yang strategis dalam menghadapi peluang dan tantangan,” katanya. Dljelaskannya, mahasiswa adalah Agent of Change di tengah masyarakat, karena mahasiswa S1 dibentuk untuk dapat memberi nilai tambah di pasar, menjadi pembaharu bahkan menjadi pejuang bagi diri, bangsa, dan agama. “Dan kehadiran kami adalah turut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang kita cintai, Indonesia,” ucapnya.