July 19, 2024
Berita TerbaruHot Topic

HIMA EKSYAR & HIMA KANSYA GELAR KHOTMIL QURAN DAN KAJIAN RAMADHAN TINGKATKAN MOTIVASI IBADAH DAN UKHUWAH ISLAMIYAH

Purwakarta—Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program studi Ekonomi Syariah dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program studi Perbankan Syariah menyelenggarakan kegiatan kegiatan Ramadhan bertajuk Khotmil Quran dan kajian untuk tingkatkan motivasi ibadah dan ukhuwah Islamiyah. Sabtu, (08/04/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di kampus 2 STIES Indonesia Purwakarta.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari prodi ekonomi Syariah dan perbankan Syariah baik dari tingkat dasar sampai tingkat atas. Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa STIES Ramlan Maulana, Pengurus aktif unit kegiatan mahasiswa seni dan sastra, pengurus aktif unit kegiatan Futsal dan pengurus aktif UKM Mapalasatya. serta Demisioner Organisasi Kemahasiswaan STIES Indonesia Purwakarta.

“Bulan Ramadhan ini bukan hanya menjadi momentum untuk meningkatkan habluminallah saja, sebagai mahasiswa tentu kita harus memperbanyak kajian-kajian untuk meningkatkan motivasi beribadah dan ukhuwah Islamiyah. Menurut Reza Septian selaku ketua pelaksana “ seminar ramadhan ini mengusung tema meningkatkan motivasi beribadah dan ukhuwah Islamiyah di bulan penuh berkah, hal ini dimaksudkan setiap mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan dapat mendapat keilmuan, bersilaturahmi dengan kakak dan adik tingkat serta menguatkan ukhuwah diantara sesama mahasiswa STIES yang kedepan dapat menguatkan semangat beribadah baik secara ubudiyah maupun dalam menjalani peran mahasiswa yang urgensinya sebagai insan pencari ilmu” ujar Reza

Dalam kesempatan ini setiap mahasiswa yang hadir mendapatkan nomor registrasi yang juga merupakan nomor ayat dan juz yang akan dibaca oleh mahasiswa yang bersangkutan. Zaenal Maulana Ikhwan selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan “Ramadhan ini identic sebagai bulan nuzulul Quran oleh karena kita perlu berlomba-lomba mengkaji dan mempelajarinya. Dalam kesempatan ini pula kami dari himpunan mahasiswa mengajak rekan-rekan mahasiswa STIES Indonesia untuk mengkaji Bersama ayat-ayat al Quran melalui kegiatan Khotmil Qiran. Pungkasnya.

Topik kajian yang dipilih pada kegiatan ini adalah tata cara menghitung zakat penghasilan yang disampaikan oleh Ayi Nurbaeti, S.Sy., M.E selaku ketua Program studi Perbankan Syariah. Dalam materinya umi sapaan akrab Ayi Nurbaeti, M.e itu menyampaikan “ layaknya keilmuan lain yang dibutuhkan dalam kehidupan sosial atau lebih kita kenal sebagai hablumminannas, tata cara menghitung zakat penghasilan patut pula untuk dikuasasi oleh setiap muslim. Meskipun sekarang ini telah banyak aplikasi-aplikasi digital yang memudahkan untuk menghitungnya tentu kita perlu memahami bagaimana ukuran-ukuran itu didapatkan dan menjadi ketetapan. Sehingga nantinya dalam menjalankan ibadah zakat tersebut kita dibarengi dengan rasa ikhlas dan syukur. Pungkas Ayi