July 19, 2024
Berita TerbaruHot Topic

STIES Indonesia Purwakarta Gelar Pengenalan Budaya Akademik Kampus Tahun 2022

Purwakarta-Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Indonesia (STIES) Indonesia Purwakarta tahun akademik 2022/2023 digelar selama dua hari terhitung tanggal 19 sampai dengan 20 november 2022.

Dikampus Ungu STIES Indonesia Purwakarta terdapat dua program Studi yakni Ekonomi Syariah dan perbankan Syariah serta tambahan dua konsentrasi keilmuan yaitu manajemen bisnis dan manajemen keuangan.

Menurut Ramlan Mualana Pengenalan Budaya Akademik & kampus tahun 2022 yang dilaksanakan di Sekolah Alam Purwakarta ini mengusung tema Academics as the Foundation Of National Integrity” Yang bermakna Akademisi sebagai landasan dan harapan Integritas Nasional. Menurutnya “makna integritas dalam tema PBAK tahun ini merujuk pada arti mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan. Hal tersebut sebagaimana tujuan sebgai akademisi yang berjalan menuju pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan STIES Indonesia Purwakarta yakni “Be The Young Entrepreneurship. Ungkapnya.

Kegiatan yang di mulai pada pukul 08:00 yang di pandu oleh Master of Ceremony kang Rahul Rachman dan Teh Salsabila mahasiswa sekaligus merupakan mahasiswa STIES yang berhasil menorehkan prestasi ditingkat Kabupaten Purwakarta sebagaii Duta Genre tahun 2022. Acara dibuka secara langsung oleh bapak H. Ahmad Damiri, S.Sy.,M.Ag selaku ketua STIES Indonesia Purwakarta.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan “kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) STIES Tahun ini kita laksankaan di Sekolah Alam Purwakarta. Menikmati proses perkuliahan yang akan dilalui 4 tahun kedepan dimulai dari mengenal lebih dahulu kampus dan budayanya, kemudian mencintainya dan merawatnya sehingga dapat berkontibusi untuk turut membesarkannya. Oleh karenanya proses mengenal kampus dan budaya tersebut kita langsungkan selama dua hari dengan materi yang padat dimulai materi pembukaan, wawasan almamater dan pendidikan karakter mahsiswa. Selain itu kegiatan yang akan dilangsungkan adalah kegiatan mentoring mahasiswa baru dengan Bapak-Ibu Dosen Pembimbing akademik, khotmil Quran, Api Unggun, malam seni, Muhasabah Bersama, Karakter Building serta Outbond”. Tutupnya

Turut hadir pada acara tersebut Bapak Ade Sumarna, M. Si selaku bapak Camat Campaka dan protokoler pemerintah kecamatan Campaka Dalam sambutannya beliau memberikan pesan “pembangunan berkarakter di Purwakarta kedepan tentu membutuhkan SDM-SDM yang unggul dan berdaya saing dan hal tersebut tentu saja diperlukan dari generasi-generasi muda di Purwakarta. Tolong dijaga semangat menuntut ilmunya samapai dengan selesai nanti dan setelah menjadi sarjana bumikan keilmuanya untuk pembangunan dan perkembanngan kota kelahirannya masing-masing. Tuturnya.

Pada momentum pengenalan Budaya akademik kampus, Ketua STIES Indonesia Purwakarta memberikan Sertifikat penghargaan kepada lima mahaiswa terpilih pda program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah tahun 2022 serta Arpesiasi Penghargaan kepada tiga mahasiswa yang telah berhasl menjuarai lomba Debat tingkat kabupaten Purwakarta pada acara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Acara PBAK kemudian di isi materi wawasan almamater kampus & Kemahasiswaan yang akan dipaparkan oleh Dr. Hj. Rina Nurhayati, S,Sos.,M.Si, Faridha Nuraziza, YR, S.Pd serta Moch. Cahyo Sucipto, M.Pd.

Materi kedua pada acara pembukaan PBAK adalah Pendidikan organisasi dan kepemimpinan public yang disampaikan oleh Anggota Legislatif Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Purwakarta Didin Hendrawan, S.E. Beliau menyampaikan dalam materinya “karier dari seorang mahasiswa dimulai sejak pertama kali dikukuhkan, kemudian menikmati proses pembelajaran akademis dan non-akademis sehingga dapat menjadi insan akademis yang paripurna yang dapat melaksankan tangggung jawab sebagai Agent of change dan menjadi pemimpin yang lebih baik dimasa mendatang. Pungkasnya

 

Acara sesi pembuka PBAK tahun 2022 di tutup dengan pembacaan Do’a Oleh Dr. Ahmad Saepudin, M.Ud selaku Ketua Prodi Ekonmi Syariah.