July 19, 2024
Berita TerbaruHot Topic

PEMBUKAAN DAN SERAH TERIMA MAHASISWA KKN TAHUN 2024 STIES INDONESIA PURWAKARTA

STIESI Purwakarta melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengimplementasikan Dharma Pengabdian kepada Masyarakat bagi mahasiswa yaitu Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024. Tepat pada Hari Senin (22/1/2024), diselenggarakan agenda pembukaan mahasiswa KKN ke semua Desa di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Kegiatan tersebut menjadi acara pembuka sekaligus dimulainya kegiatan KKN mahasiswa dengan ditandai penyerahan mahasiswa oleh pihak kampus ke Kecamatan Cibatu.

Pada acara tersebut dari STIESI Purwakarta dihadiri oleh H. Ahmad Damiri, S.Sy., M.Ag., CPM, selaku Ketua STIESI Purwakarta, Dr. Hj. Rina Nurhayati, S.Sos., M.Si, selaku Wakil Ketua I, Faridha Nurazizah, S.Pd., M.E, selaku Wakil Ketua II, Moch. Cahyo Sucipto, M.Pd., selaku Wakil Ketua III, Eka Ahadiyat Suryana, S.Sos., M.E, selaku Ketua LPPM, dan Bapak/Ibu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta serta perwakilan mahasiswa KKN Tahun 2024 dari 10 desa di Kecamatan Cibatu Purwakarta. Dari pihak Pemerintah Kecamatan Cibatu dihadiri langsung oleh Muhammad Kosim, S.ST., M.M, selaku Camat Cibatu, Kapolsek Cibatu, Kepala KUA Cibatu, dan Kepala Desa Se-Kecamatan Cibatu. Peserta program KKN pada tahun ini diikuti oleh 138 mahasiswa semester VII yang terdiri dari 2 Program Studi yaitu Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

Ketua STIESI dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak Kecamatan dan pihak Desa yang telah mengizinkan dan menerima STIESI Purwakarta sebagai mitra Perguruan Tinggi yang masih terus bersinergi dan berkontribusi dalam Program KKN. Selain itu, tak lupa Ketua STIESI memberikan pesan kepada mahasiswa KKN terkait beberapa hal. Pertama, tentang pentingnya menjaga sikap dan perilaku mahasiswa selama menjalankan program KKN di Desa dengan menjunjung tinggi adab, sopan santun, saling toleransi perbedaan budaya, sosial, ekonomi dan agama di masyarakat sekitar terkhusus sekarang dimusim politik. Kedua, sinergitas mahasiswa dengan masyarakat Desa dalam menjalankan program kerja KKN yang selalu melibatkan perangkat Desa dan masyarakat setempat dengan prinsip dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Ketiga, jalankan program KKN yang bersifat kontributif, kreatif dan inovatif sehingga program yang dijalankan dapat dirasakan bermanfaat langsung oleh masyarakat Desa setempat.

Hal yang serupa disampaikan oleh pihak Camat Cibatu dan Kepala Desa agar mahasiswa menjaga kerukunan bersama masyarakat terkhsusus di musim politik. Hal tersebut sangat ditekankan karena masyarakat di Kecamatan Cibatu merupakan salah satu daerah yang di setiap Desanya mayoritas sebagai buruh pabrik, yang pastinya memiliki keberagaman kultur dan budaya. Mahasiswa dituntut oleh situasi dan lingkungan yang multicultural dan musim politik sehingga seluruh program kerja KKN yang ada pada tahun ini betul-betul memperhatikan norma-norma budaya yang ada dan tetap menjaga netralitas aparatur desa.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Cibatu menyampaikan banyak terimakasih karena Desanya pada Tahun 2024 ini telah terpilih sebagai proyek program kerja KKN STIESI Purwakarta. Program tersebut diharapkan memberikan kontribusi perubahan dan pengembangan yang bernilai positif terhadap masyarkat desa di Kecamatan Cibatu.