STIE Syariah Indonesia Purwakarta Gelar Pelatihan Akreditasi Perguruan Tinggi

Read Offline: STIE Syariah Indonesia Purwakarta Gelar Pelatihan Akreditasi Perguruan Tinggi

Purwakarta, 24/02/2020. Upaya peningkatan kualitas Perguruan Tinggi STIES Indonesia Purwakarta selalu dilakukan dengan menyesuaikan tata aturan dan regulasi yang berkembang. Salah satu regulasi pemerintah dalam hal ini undang-undang pendidikan tinggi adalah adanya kewajiban bagi perguruan tinggi untuk melakukan akreditasi institusi. Akreditasi Intitusi merupakan amanat UU PT No. 12 Tahun 2012. UU tersebut menegaskan bahwa seluruh program studi dan institusi perguruan tinggi baik swasta maupun negeri harus sudah terakreditasi. Kebijakan tersebut perlu disikapi secara arif sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Kampus STIE Syariah Indonesia Purwakarta yang mandiri dan maju guna mencapai good university governance.

Kegiatan pelatihan Akreditasi Prodi dan Perguruan tinggi tersebut sebagai persiapan kembali Re-Akreditasi untuk Program Studi Ekonomi Syariah, walaupun masa belakunya akan habis di bulan Agustus Tahun 2021, Tetapi semuanya harus disiapkan dari jauh-jauh hari, karena hakikat Akreditasi itu pengecekan terhadap pelakasanaan pengelolaan Perguruan Tinggi sudah sesuai dengan SOP-nya atau hanya sebatas menggugurkan kewajiban saja. Tutur Pak Azis sebagai pemateri pelatihan tersebut.

Kemudian pengisian borang akreditasi baik program studi maupun perguruan tinggi itu sangat mudah, asalkan SOP di setiap bagian dijalankan sesuai yang sebenarnya, bukan membenarkan semua yang dilaksanakan, tetapi melaksanakan sesuatu dengan sebenarnya, artinya sesuai dengan SOP. Tambah Pak Iwan sebagai Pemateri kedua pelatihan tersebut.

Peserta Pelatihan Akreditasi Prodi dan Perguruan tinggi dihadiri 20 orang, terdiri dari Ketua STIE Syariah Indonesia Purwakarta, Wakil Ketua I bidang Akademik, Wakil Ketua II Bidang Keuangan dan Umum, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah, Ketua dan Sekretaris Prodi Perbankan Syariah, semua dosen tetap STIE Syariah Indonesia Purwakarta, serta seluruh Staff STIES Indonesia Purwakarta. Sedangkan untuk pemateri berasal dari Konsultan Akreditasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdiri dari 2 pemateri yakni Bapak Asep Iwan Setiawan, S.Sos.I., M.Ag dan Bapak Rohmanur Azis, S.Sos.I., M.Ag.

Read Offline: STIE Syariah Indonesia Purwakarta Gelar Pelatihan Akreditasi Perguruan Tinggi
WordPress Lightbox Plugin